Fanpage : HMDA SADHATA
E-mail : [email protected]

AUTOCAD

      Siapa yang tidak mengenal software buatan perusahaan software bernama autodesk yang juga memegang hak cipta untuk software 3Dmax,Revit,Maya dll. Autocad inbi merupakan program CAD yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan sebuah aplikasi sudah berada di perangkat Andoid yaitu semacam Autocad mini. Selain bisa menggambar 2d juga bisa menggambar 3D. Software ini dirancang untuk mempermudah kita dalam merancang gambar teknik seperti teknik elektro,sipil,arsitektur, land developers, teknik mesin, desain interior dsb.

      Autocad ini tidak gratis para penggunanya harus membayar sejumlah lisensi untuk mendapatkan software ini. Namun dalam kenyataannya banyak beredar software autocad bajakan. Seperti halnya di indonesia dimana aplikasi yang tidak gratis kurang laku di negara ini. Padahal penggunaan software bajakan sangat beresiko karena bisa saja software ini mengandung virus yang dapat membahayakan pengguna itu sendiri. Alangkah baiknya jika kita menggunakan software original selain resmi, terhindar dari bahaya juga kita bisa menghargai hak cipta seseorang. Bayangkan saja jika anda menciptakan sesuatu dibajak dan anda tidak mendapatkan apapun?

     Autocad ini memiliki pesaing yaitu archicad dimana archicad ini gratis untuk intitusi sekolah (katanya soalnya aku sendiri jujur saja belum pernah nyoba archicad). Namun jika digunakan oleh profesional tetep saja harus bayar juga. Sungguh strategi yang bagus dengan ini maka pasa saat pendidikan sudah terbiasa dengan archicad sehingga pada saat sudah beranjak ke dunia kerja maka akan terpaksa atau “dipaksa” membeli archicad. Autocad pun menyediakan softwarenya dengan harga yang lebih murah yaitu Aotocad LT. Merupakan versi ringan dari autocad. Autocad LT ini hanya bisa modeling 2D namun bisa melihat gambar 3D oleh karena itu harganya lebih murah. Hraganya yaitu sekitar $900 USD bandingkan dengan versi Autocad yang berharga $4.000 USD.

     Untuk pelajar sendiri Autodesk sendiri memberikan potongan harga yang sangat besar. Fiturnya pun sama dengan autocad komersil Cuma jika anda mencetak gambar yang digambar menggunakan Autocad versi pelajar, hasil print out akan terdapat tulisan/ baner yang menjelaskan bahwa itu produk dari autocad versi pelajar.
Autocad ini termasuk program berat oleh karena itu membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup mahal agar bisa menggunakan software ini dengan lancar. Sampe sekarang Autodesk telah mengeluarkan autocad ini sebanyak 26kali yang terakhir adalah autocad 2012(tahun 2012 aja belum udah ada softwarenya).

     Format data asli Autocad adalah dwg yang tidak populer. Format data yang bisa dipertukarkan yaitu DXF yang secara defacto menjadi standard data cad. Namun sekarang ini autocad sudah mendukung dwf sebuah format yang diterbitkan autodesk untuk mempromosikan data cad. Autocad ini terbiasa mengganti formatnya 3tahun sekali sejak kemunculan autocad 2000 atau autocad versi 15.0. Jadi jika ada gambar yang di buat pada autocad 2009 maka akan bisa dibukak pada autocad 2007 karena dari autocad 2007,2008 dan 2009 satu versi yaitu versi 17 begitu seterusnya.

    Bagaimanapun untuk orang teknik kita perlu menguasai software ini. Bahkan setiap ada pendaftarann kerja di sebuah pengembang, kontraktor keahlian menguaai autocad biasanya menjadi syarat untuk menjadi pekerja/karyawan perusahaan tersebut.

0 Comments: