Fanpage : HMDA SADHATA
E-mail : [email protected]

Plafond



Plafon ialah permukaan interior atas yang berhubungan dengan bagian atas sebuah ruangan. Lapis yang membatasi rangka bangunan dan rangka atap. Umumnya, langit-langit bukan unsur struktural, melainkan permukaan yang menutupi lantai struktur atap di atas.


Selama ini, kita mengenal “plafon” dalam beberapa istilah yang berbeda, misalnya langit-langit atau awang-awang.Menurut sejarah, kata plafon yang sekarang kita pakai ini berasal dari bahasa Belanda, plafond, yang merujuk pada makna garis batas (biasanya horizontal) antara dinding dan atap. Aturan baku bahasa Indonesia tetap menggunakan istilah ini karena sudah terlanjur dikenal orang, hanya saja tanpa akhiran “d”. Maknanya adalah langit-langit rumah, yaitu area yang membatasi lantai dengan atap (Kamus Besar Bahasa Indonesia, JS Badudu, halaman 881, Cetakan Pertama Edisi Ketiga, Balai Pustaka, 2001).

Sementara itu, dalam dunia arsitektur dan interior, plafon berarti batas permukaan atas interior ruang yang sering kali merupakan media untuk menutp atap (untuk kaus plafon yang berada di lantai teratas bangunan) atau lantai di bawahnya. Apapun istilah yang kita gunakan, makna plafon tetap sama, yaitu bagian struktur sebuah bangunan yang berada tepat di batas atap dan dinding. Perbedaan perlakuan tampilan struktur rangka, ditutup dengan panel atau tidak akan menciptakan tampilan plafon yang berbeda pula.

Fungsi :


       Sebagai batas tinggi suatu ruangan


       Isolasi panas


       Sebagai suatu estetika

       Menahan kotoran yang jatuh dari bidang atap

0 Comments: