Fanpage : HMDA SADHATA
E-mail : [email protected]

Garis-Garis Besar Haluan Kegiatan Mahasiswa HMDA FT. UNDIP


GARIS-GARIS BESAR HALUAN KEGIATAN MAHASISWA
HIMPUNAN MAHASISWA DESAIN ARSITEKTUR
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
1.    Organisasi kemahasiswaan di lingkungan Program Diploma III Desain Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah peningkatan kecendekiawanan dan integritas dan perluasan wawasan.
2.    Organisasi kemahasiswaan yang berupa Himpunan Mahasiswa Desain Arsitektur untuk selanjutnya disebut HMDA SADHATA Fakultas Teknik Universitas Diponegoro merupakan perwakilan mahasiswa dan berfungsi sebagai penampung dan penyalur anspirasi mahasiswa, komunikasi antarmahasiswa Program Diploma III Desain Arsitektur, forum koordinasi ekstra kulikuler serta berfungsi sebagai forum pengembangan managemen di lingkungan Program Diploma III Desain Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
3.    Untuk melaksanakan secara optimal, maka segenap aspirasi mahasiswa Program Diploma III Desain Arsitektur perlu dirangkai dan ditetapkan suatu Garis-Garis Besar Haluan Kegiatan Kemahasiswaan Program Diploma III Desain Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.


B.     Pengertian
1.    Garis-Garis Besar Haluan Kegiatan (untuk selanjutnya disebut GBHK) adalah suatu haluan kegiatan dalam garis besar sebagai pernyataan kehendak mahasiswa dan ditetapkan oleh HMDA SADHATA Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
2.    GBHK pada hakekatnya suatu pola umum kemahasiswaan yang merupakan rangkaian program kerja mahasiswa yang menyeluruh dan terarah yang berlangsung terus-menerus.
3.    Rangkaian program kerja mahasiswa yang dinamis dan berkesinambungan dalam usaha mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.

C.    Maksud dan Tujuan
1.    Maksud ditetapkan GBHK Kemahasiswaan HMDA SADHATA Fakultas Teknik Universitas Diponegoro adalah untuk memberikan arah yang jelas, tepat dan benar untuk pelaksanaa program-program kerja.
2.    Tujuan ditetapkan GBHK Kemahasiswaan HMDA SADHATA Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk mewujudkan dinamika kemahasiswaan jangka panjang dan jangka pendek sehingga dapat berperan dalam mewujudkan Pendidikan Nasional.
D.    Landasan
Garis-Garis Besar Haluan Kegiatan disusun berdasarkan  :
1.    Landasan Ideial                       :  Pancasila
2.    Landasan Konstitusional         :  Undang-Undang Dasar 1945
3.    Landasan Operasionil              :  SK Mendikbud No. 0457/0/1990
   SK Rektor Undip No. 041/SK/PT.09/1991
E.     Pokok-Pokok Penyusunan dan Penaungan GBHK
GBHK Kemahasiswaan Program Diploma III Desain Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro harus mencakupi seluruh permasalahan yang menyangkut dinamika kemahasiswaan dengan memperhatikan segala sumber permasalahan dan mengingat nilai-nilai dasar yang dijadikan landasan, maka GBHK perlu disusun sebagai berikut  :
1.    Pendahuluan
2.    Pola Dasar Kegiatan HMDA SADHATA
3.    Pola Umum Kegiatan Jangka Panjang
4.    Pola Umum Kegiatan Jangka Pendek
5.    Penutup

BAB II
POLA DASAR KEGIATAN HMDA SADHATA

A.    Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila bertujuan meningkatkan  :
1.    Ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
2.    Kecerdasan dan keterampilan
3.    Mempertinggi budi pekerti
4.    Mengembangkan kepribadian yang mantap dan mandiri
5.    Mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air

B.     Landasan Kegiatan HMDA SADHATA
Dinamika kehidupan kemahasiswaan Universitas Diponegoro dalam mencapai tujuan Pendidikan Tinggi dan selanjutnya merupakan bagian hak yang tak dapat dipisahkan dari tujuan Pendidikan Nasional dengan berlandaskan kepada  :
1.    Tri Dharma Perguruan Tinggi
Sebagai lembaga pendidikan formal Universitas Diponegoro mempunyai fungsi sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran, lemabaga penelitian dan pengambangan serta pengabdian masyarakat.  Sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran membentuk manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa an berkualitas profesional dalam disiplin ilmunya.  Sebagai lembaga penelitian, melaksanakan usaha-usaha ilmiah untuk kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya.  Universitas Diponegoro sebagai lembaga pengabdian masyarakat bertujuan untuk mengamalkan segala kemampuan ilmiahnya demi kemajuan masyarakat.
2.    Wawasan Almamater Univesitas Diponegoro
Wawasan almamater adalah konsepsi yang mengandung artian :
a.    Universitas Diponegoro harus merupakan lembaga ilmiah sedangkan kampus harus benar-benar merupakan masalah ilmiah.
b.    Universitas Diponegoro sebagai almamater (Ibu Asuh) merupakan satu kesatuan yang utuh dan mandiri dibawah kepemimpinan Rektor sebagai Pimpinan Utama.
c.    Keempat unsur civitas akademika yaitu Pengajar, Karyawan, Mahasiswa, dan Alumnus harus manunggal dan berbakti kepada almamater serta melalui almamater mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan jalan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
d.   Dan keempat unsur civitas Akademik dalam upaya menegakkan Universitas Diponegoro sebagai masyarakat ilmiah, melaksanakan Tri Karya, yaitu institusional, profesionalisasi, dan transpolitisasi.
e.    Tata krama pergaulan di lingkungan kampus Universitas Diponegoro didasarkan atas kekeluargaan dan keseimbangan sesuai dengan pandangn hidup Pancasila.
C.    Asas Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan HMDA SADHATA
1.    Asas Iman dan Taqwa
Kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan harus berdasarkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.    Asas Manfaat
Kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan harus membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan akademis dan peningkatan kesejahteraan serta dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan pengembangan kepribadian.
3.    Asas Usaha Bersama
Kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan harus merupakan usaha bersama dilandasi semangat kekeluargaan dan gotong royong.
4.    Asas Demokrasi
Merupakan Demokrasi Pancasila dalam setiap permasalahan yang timbul sedapat mungkin mengambil jalan Musyawrah Mufakat.
5.    Asas Adil dan Merata
Kegiatan kemahasiswaan dan hasil-hasil harus dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa secara adil dan merata.
6.    Asas Keseimbangan
Adanya keseimbangan antara program kegiatan fisik dan spiritual antara kepentingan individu dan masyarakat.
7.    Asas Kepercayaan pada Diri Sendiri
Setiap kegiatan kemahasiswaan dilaksanakan berdasarkan kepercayaan dan kemampuan diri sendiri.
8.    Asas Kontinuitas dan Fleksibilitas
Dalam penyusunan kegiatan kemahasiswaan selalu memperhatikan kesinambungan dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman.
9.    Asas Efektif dan Efisien
Dalam setiap pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan harus memperhatikan efektifitas dan efisiensi antara kinerja dan hasil kerja.
D.    Potensi dan Modal Kerja
1.      Potensi
a.       Mahasiswa Program Diploma III Desain Arsitektur
Mahasiswa merupakan bagian dari civitas akademika yang bersifat aktif, kritis, adaptif, kreatif, inovatif, dan enerjik, merupakan dasar utama yang harus dapat dimanfaatkan dalam pengembangan kegiatan.



b.      Saran dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang terdapat dalam Program Diploma III Desain Arsitektur dapat dimanfaatkan sebagai penunjang dengan mengikuti tata kerja dan aturan yang berlaku.
c.       Potensi Dana
Segala sumber dana yang tersedia di lingkunag Program Diploma III Desain Arsitektur merupakan potensi yang dapat dikelola pemanfaatannya bagi kessejahteraan mahasiswa dalam pelaksanan kegiatan.  Didalam pengelolaannya merupakan wewenang HMDA SADHATA.
2.      Modal Dasar
a.       Sumber Daya Manusia
Berdasarkan jumlah mahasiswa Program Diploma III Desain Arsitektur cukup besar, maka dapat dijadikan modal dasar utama yang harus diperhatikan dalam pengembangan kegiatan.
b.      Solidaritas Diantara Mahasiswa
Adanya solidaritas dalam suatu keluarga besar Program Diploma III Desain Arsitektur dalam diri mahasiswa, dengan menggalang persatuan dan kesatuan persaudaraan merupakan modal utama yang harus dipupuk dan dipelihara dalam pengembangan kegiatan.
c.       Kebebasan Akademik dan Mimbar Akademik
Merupakan kondisi yang kondusif bagi setiap kegiatan, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal.
d.      Kemampuan Ilmiah
Berdasarkan disiplin ilmu yang ditekuni, mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan, merupakan modal dasar dalam pelaksanaan kegiatan yang mengarah pada profesionalisme.
e.       Anspirasi, Perhatian, dan Pemikiran
Anspirasi didalam pencetusan suatu ide-ide konkrit dan metode-metode ilmiah wawasan dan intregitas dalam segala aspek kehidupan serta penalaran kritis dalam menanggapi suatu permasalahan, merupakan salah satu modal dasar utama dalam civitas akademik Program Diploma III Desain Arsitektur, sehingga tercipta dinamika pengetahuan kehidupan kampus.


BAB III
POLA UMUM KEGIATAN JANGKA PANJANG

Dalm Pola Umum Kegiatan Kemahasiswaan Program Diploma III Desain Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro jangka panjang termuat arah, sasaran yang ingin dicapai dan kebijakan kamahasiswaan dalam jangka panjang.
A.    Pendahuluan
1.      Tujuan Pendidikan Nasional
Pada hakekatnya Pendidikan Nasional menuju terciptanya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
2.      Tujuan Pendidikan Diploma Teknik
Tujuan pendidikan diploma teknik secara umum adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap dan tanggung jawab seperti berikut  :
a.       Bersikap terbuka dan dapat menghargai orang lain, mengembangkan kepribadian yang tangguh dan sehat, berkemampuan pikir analistis dan sintesis berilmu tinggi dan berketerampilan serta bermoral Pancasila dan berbudi pekerti luhur.
b.      Bermotivasi untuk meningkatkan partisipasi dalam pembangunan guna mewujudkan Trilogi Pembangunan.
c.       Dapat memelihara dan mengembangkan Demokrasi Pancasila serta menjunjung tinggi hak dan kewajiban warga negara dalam rangka mengamalkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
d.      Mampu mengembangkan nilai-nilai budaya luhur yang relevan guna mendorong perkembangan masyarakat yang positif dalam rangka pembaharuan bangsa dan tetap mendasarkan diri pada kepribadian.
3.      Tujuan Khusus Pendidikan Diploma Teknik
Tujuan pendidikan diploma teknik secara khusus adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap dan tanggung jawab sebagai berikut  :
a.       Mampu bersikap positif untuk mandiri mengembangkan ilmu tersebut dengan arif dan bijaksana bagi tuntutan kebutuhan masyarakat.
b.      Memiliki kemampuan menalar, yakni menganalisa ilmu pengetahuan dan teknologi.
c.       Dapat bekerja sesuai profesionalisme keilmuan.
d.      Meningkatkan keterampilan yang dimiliki secara profesional.
e.       Dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.
B.     Arah Sasaran dan Kebijaksanaan
1.      Arah
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, kegiatan dilaksanakan secara terencana dan terpadu membentuk rasa tanggung jawab mahasiswa teknik sebagai calon ahli madya dengan tidak mengabaikan kreatifitas dalam bidang tersebut.  Disamping itu tetap pada tujuan menjadikan manusia intelektual yang senantiasa kritis dan adaptif menanggapi dinamika masyarakat.
2.      Sasaran
Dalam jangka panjang tercakup sasaran untuk terciptanya dinamika kampus yang religius, demokratis, dan kritis, yang mempunyai kualitas terhadap kesadaran organisasi, kesadaran ilmiah dan kesadaran sosial yang didukung oleh segenap mahasiswa Program Diploma III Desain Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.  Kemudia secara berkesinambungan mengarah tercapainya iklim kreatif  dan inovatif dalam rekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi di Program Diploma III Desain Arsitektur.
3.      Kebijaksanaan
a.       Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan HMDA SADHATA Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dilakukan melalui pola yang saling mengisi diantara program kerja yang ada yang menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
b.      Tercapainya hubungan timbal balik antara kegiatan-kegiatan ilmiah/profesi dan kegiatan non ilmiah/profesi yang dapat mengembangkan minat dan bakat serta meningkatkan partisipasi mahasiswa didalam kegiatan tersebut.
c.       Lembaga yang ada di Program Diploma III Desain Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro adalah Himpunan Mahasiswa Desain Arsitektur yang mempunyai fungsi dan peranan dalam otoritas mandiri dan mengarahakn pada peningkatan kemampuan managemen dan menciptakan sistem tata kerja yang baik sesuai dengan fungsi dan struktur kelembagaan.
d.      HMDA SADHATA bersama-sama meciptakan kerja sama dan koordinasi dengan berbagai lembaga yang ada di fakultas.
e.       Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dalam suatu pola yang saling membantu dan memberikan arah untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
f.       Tercapainya tingkat kematangan organisasi yang ditunjang oleh tingkat kesadaran ilmiah dan kesadaran sosial didasari oleh wawasan yang luas dan integritas tinggi.

BAB IV
POLA UMUM KEGIATAN JANGKA PENDEK

Pada dasarnya pola umum kegiatan kemahasiswaan HMDA SADHATA Fakultas Teknik Universitas Diponegoro dalam jangka pendek merupakan penjabaran lebih lanjut dari pola umum kegiatan kemahasiswaan jangka panjang untuk satu periode ( satu tahun ) pengurus.
A.    Tujuan
a.         Meningkatkan kesadaran dalam kehidupan organisasi kemahasiswaan dengan tetap memperhatikan kesadaran ilmiah dan kesadaran sosial

0 Comments: