Fanpage : HMDA SADHATA
E-mail : [email protected]

Redesain Taman Jurusan Teknik Mesin Undip

ANALISA PELAKU
            Pengguna taman teknik mesin ini adalah mayoritas mahasiswa teknik mesin dan dosen teknik mesin karena taman ini terletak diarea teknik mesin itu sendiri. Sedangkan untuk pengguna lain taman ini adalah mahasiswa dari fakultas perikanan dan kelautan,Fakultas MIPA,dan seluruh mahasiswa UNDIP yang berlalu lalang melewati teknik mesin ini serta para tamu atau orang dari luar yang datang diteknik mesin atau sekitar teknik mesin itu sendiri.

KONDISI LAPANGAN
            Dalam taman ini kondisinya seperti kurang terawat, bisa di lihat dari keadaanya yang kurang terawat banyak daun yang berjatuhan tanpa di kumpulkan dan di bersihkan. Dan ada pemandangan yang cukup menggangu di mana selokan di depan taman ( depan jurusan teknik mesin) dalam keadaan terbuka jadi terlihat kurang elok di pandang. Dan selokan ini manjadi ujung dari drainase/saluran yang berada di sekitar taman. Dan arah angin sendiri memiliki kecenderungan berhembus dari arah barat laut.

ANALISA SOSIAL
            Karena taman ini berada di dalam lingkungan jurusan teknik mesin pengguna utama dari taman ini adalah mahasiswa teknik mesin itu sendiri yang mana karakter mahasiswa teknik mesin sendiri cenderung agak keras dan tegas mengingat kebanyakan dari mereka adalah pria. Selain juga kecenderungan dari mahasiswa mereka cenderung berkumpul sekedar untuk diskusi tentang pelajaran maupun keadaan sosial masyarakat dsb. Dan biasanya kegiatan mahasiswa berlangsung sampai malam jadi membutuhkan penerangan yang cukup lumayan.

ANALISA BUDAYA
            Karena berada di lingkungan mahasiswa kultur masyarakat pengguna taman ini adalah budaya belajar mengingat ini adalah area pendidikan.  Jadi segala sesuatu yang ada di area ini manfaat utamanya adalah untuk mendukung pendidikan atau edukasi bagi mahasiswa. Dan mahasiswa sendiri dalam perjalannya adalah orang orang yang menjadi kontrol sosial, moral force dan agent of change bagi masyarakat.





Denah Eksisting

Redesain



Zonasi
- Hijau : Pusat Taman
- Merah Muda : Area Santai
- Biru : Area Tanda
- Kuning : Area Kesehatan
- Merah : area entertaint












Denah Redesain


































































Area Depan






Area Tengah




Area Kesehatan

























Presentation


Team :
- Lasin
- Deni Wisnu
- Abid Kurniawan
- Erna Setya W
- Indah Idul A

Design by
-lasin
-deni
-abid

Plant Selection
- Erna Setya W

Hard material
- Abid K
- Deni W

Sketsa
-Abid Kurniawan

Presentation
- Lasin

0 Comments: