Fanpage : HMDA SADHATA
E-mail : [email protected]

Kisah Seorang Mahasiswa Baru Arsitektur

Hal yang di tanyakan siswa-siswi MA, SMA, SMK yang ingin masuk Jurusan Arsitektur salah satunya pasti, “di Arsitektur belajar apa sih?”.

Saya disini akan menjawab sesuai dengan apa yang sudah saya dapatkan waktu semester 1 kemarin di UNDIP (Universitas Diponegoro).  

  • Perancangan Arsitektur : mata kuliah ini yang paling penting di arsitektur. Paling besar juga sksnya 3 sks. Semua mata kuliah yang sudah dipelajari akan dipraktekkan disini. Mata kuliah ini berlanjut sampai PA 5 dan tidak bisa mengambil PA selanjutnya kalau suatu ketika belum lulus PA sebelumnya.
  • Konstruksi Bangunan : disini saya belajar teori-teori tentang teknik sipil. Saya jadi tahu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembentukan sipil.
  • Mekanika Teknik : fisika oh fisika. Hal yang saya hindari selama ini (hhe), tapi tidak mungkin juga kalau tidak ada fisika di fakultas teknik. Tenang saja teman, mektek di arsitektur itu Cuma belajar gaya, beban, dan tekanan gitu deh. Nah kalau sudah kuis pasti jadinya mengarang indah. Hhehe
  • Pendidikan Agama Islam : mata kuliah ini kita di kasih judul-judul materi yang akan di sampaikan, terus kita disuruh membuat makalah dari judul-judul tersebut lalu dipresentasikan setiap kelompok.
  • Statistika : awalnya saya bingung kok tidak ada mata kuliah matematika ya? Ternyata ya statistika itu ya matematika. Hhehe
  • Bahasa inggris : mata kuliah ini tugasnya hampir sama seperti mata kuliah PAI yaitu dikasih judul tapi disuruh langsung presentasi tiap kelompok tidak usah membuat makalah.
  • Gambar Arsitektur : yang suka sketsa pasti seneng banget dengan mata kuliah ini, karena setiap pertemuan pasti dikasih tugas dan pertemuan selanjutnya dikumpulin lalu dikasih tugas lagi dan seterusnya sampai akhir semester. Jadinya setelah belajar mata kuliah ini alhamdulillah saya sekarang bisa gambar yang arsitekturlah. Hhehe 
  • Estetika Bentuk : dalam mata kuliah ini kita di ajarkan tentang bagaimana membuat keindahan berbagai bentuk.   
  • Gambar Teknik : tidak jauh beda dengan mata kuliah gambar arsitektur, bedanya Cuma kalau di gambar teknik kita di ajarkan menggunakan teknik bukan asal nyeket freehand. Jadinya bisa teratur gambarnya dan tidak berantakan. Saya belajar banyak tentang teknik menggambar didalam arsitektur.  Kaya rendering, perspektif, proyeksi, dan lain lain.

Ya beginilah kehidupan di arsitektur yang saya dapatkan waktu semester 1 kemarin. Semoga di semester 2 nanti bisa mendapatkan lebih banyak materi yang ada didunia arsitektur maupun di luar arsitektur.

Oleh : Saiful Amin (Desain Arsitektur '12)

0 Comments: