Fanpage : HMDA SADHATA
E-mail : [email protected]

Sayembara

http://www.konteks.org/residential-mid-end-house-design-competition

Residential Mid End House Design Competition

Kompetisi desain residensial mid-end pada kota berkembang

Author
Mid End House Design Competition adalah sebuah sayembara arsitektur yang diadakan oleh Provident Development. Sayembara arsitektur ini mengajak para mahasiswa arsitektur untuk menganalisis dan membuat desain perumahan pada kota-kota berkembang, kemudian menuangkannya dalam desain yang kreatif dan sustainable, serta memperhatikan situasi kawasannya.
Tema sayembara ini adalah desain rumah residensial mid-end, yang terdiri dari 3  kategori tipe rumah yang berbeda, baik ukuran kavling, ukuran bangunan, maupun programming ruangnya. Konsep residensial mid-endyang telah ditentukan adalah “Modern Tropical”, “Rumah Koppel”, dan “Model Cluster”, dengan lingkup desain berupa denah, fasad, dan material bangunan.
Pendaftaran sayembara ini dibuka pada tanggal 30 September - 15 Oktober 2014, sedangkan batas akhir pengumpulan hasil karya adalah 17 November 2014. Penjurian dilakukan pada tanggal 18 November – 21 November 2014, dilanjutkan dengan pengumuman finalis tanggal 21 November.  Finalis melakukan presentasi pada tanggal 25 November, dan sebagai penutup sayembara ini, pemenang dari sayembara rumah residensial mid-enddiumumkan pada tangga 26 November 2014.
Calon dewan juri pada kompetisi ini merupakan arsitek-arsitek ternama, yaitu Yori Antar, Antony Liu, dan Sardjono Sani, yang melakukan penilaian berdasarkan empat kriteria penilaian. Kriteria pertama adalah buildability, atau dengan kata lain desain bangunan peserta harus dapat dipertanggung jawabkan kaidah konstruksinya, dan dapat dibangun. Kriteria kedua adalah kreativitas desain yang inovatif tetapi tetap memperhatikan fungsi (fungsional). Kriteria ketiga adalah kontekstualitas, artinya desain yang dikumpulkan sesuai dengan konsep yang telah diberikan. Kriteria terakhir adalah penggunaan material yang sesuai dengan konsep perancangan serta rencana anggaran biaya.
Sayembara ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa arsitektur dengan tim maksimal berjumlah 5 orang, dengan hadiah berupa sertifikat juara, piala, serta uang sejumlah Rp 25.000.000,- untuk juara pertama dan Rp 15.000.000,- untuk juara kedua pada masing-masing kategori. Selain itu, juara sayembara juga diberi kesempatan untuk berkarier di Provident Development.
 Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi, klik disini www.facebook.com/provident.development.9

0 Comments: